Saturday, September 1, 2012

Sebelum Fitness Sarapan Dulu

Di hari ke 6 ini jadwal ke gym agak awal yaitu jam 09.00, sehingga perut masih kosong. Nah ini ternyata kesalahan, setelah baca sini baca sana. Janganlah melakukan olahraga dengan perut kosong, mungkin harapan akan lebih banyak membakar lemak ?, atau mungkin tenaga yang digunakan berasal dari lemak ??, ,,, saya tidak tahu. Yang jelas, ketika melakukan olahraga berat dengan perut kosong, tenaga akan cepat terkuras, sehingga olahraga tidak maksimal.

Saran dari pakar kesehatan sebelum olahraga makanlah :

* putihnya telur 2x karena putih telur adalah sumber protein murni yang langsung 100% diserap tubuh. Protein alami yang terdapat pada putih telur ini juga baik dalam menghasilkan asam amino untuk pembentukan otot. Makan telur yang kaya protein merupakan cara mudah membakar lemak perut. Selain itu, telur pun menyediakan nutrisi lainnya. Seperi vitamin B12 yang membantu melepaskan sel lemak dalam tubuh.

* teh hijau tanpa gula, berfungsi membantu menahan asupan lemak, sehingga dapat menurunkan berat badan. Teh hijau kaya akan anti oksidan yang membantu meningkatkan pembakaran lemak, dengan cara meningkatkan metabolisme trigliserida untuk diubah menjadi asam lemak. Lemak di bawah kulit hanya bisa dibakar bila bentuknya sudah diubah menjadi asam lemak. Proses pembakarannya adalah dengan olahraga. Dan, agar pembakaran itu optimal, konsumsi teh hijau sebaiknya dilakukan sebelum olahraga. Sebab, pada saat itu kapasitas antioksidan teh hijau sangat kuat, sehingga dapat memberi efek proteksi terh`dap dinding sel-sel otot.

* makanan karbohidrat kompleks dan protein 30-60 menit sebelum Anda mulai berlatih. Karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan dari nasi merah, oatmeal, roti gandum, ataupun buah. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan protein, Anda bisa mengonsumsi dada ayam, protein shake, putih telur, dan sebagainya.

Nah ini mitos atau fakta tentang kentang sebagai pengganti nasi ?
kentang adalah makanan dengan indeks glikemik tinggi yang sangat terlarang bagi penderita diabetes atau mereka yang mau diet/mau kurus...
Makanan-makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan beberapa gangguan bagi kesehatan kita, seperti meningkatnya kadar gula, menekan*kolesterol baik, serta meningkatkan risiko terjadi serangan jantung dan diabetes.

Ambil amannya aja deh, ga jadi makan kentang, walau sudah terlanjur 1 buah masuk perut.

 
TIPS MEMILIH MAKANAN BERLEMAK: ketika Anda membeli makanan kalengan, pilih yang kandungan lemaknya tidak lebih dari 3 gr per 100 kalori.

0 comments:

Post a Comment